Jawaban dari semua kepengapan di dunia transportasi Indonesia, lebih-lebih Jakarta. Tetapi mengapa teknoogi yang satu ini (kereta api) tidak pernah menjadi perhatian serius oleh pemerintah. Kereta api bukan hanya menjadi solusi atas dari kemacetan, lebih jauh lagi kereta api menjadi penopang kemajuan ekonomi, budaya, teknologi, bahkan telah menjadi pemersatu sebuah bangsa (jalur kereta di pulau jawa, sumatra). Cina telah mempersatukan bangsanya dari belahan selatan Cina sampai utara, yang jaraknya ribuan kilometer. Kenapa Indonesia belum tertarik juga?.
Deskripsi Metrotv. Boleh dikata, De-Facto hadirnya kereta api di Indonesia adalah mulai
dibangunnya jalur rel kereta sepanjang 26 kilometer lintas Kemijen,
Semarang hingga Desa Tanggung, Grobogan, Jawa Tengah. Yakni peresmian
pembangunan rel oleh Gubernur Jenderal Belanda Mister Ludolph Anne Jan
Wilt Baron Van De Beele, 17 Juni 1864 di Semarang, atas restu Ratu
Wilhelmina di Belanda.
Sejarah kereta tanpa kuda merupakan kelanjutan dari perkembangan pesat alat transportasi yang diawali dengan penemuan roda. Bila kereta kuda hanya satu kereta, kemudian dibuat rangkaian kereta, serta berjalan di jalur tertentu dari besi atau rel. Kereta ini disebut lori kuda yang awalnya digunakan di kawasan pertambangan. Untuk penumpang, digunakan istilah lebih keren, yakni trem.
Sejarah kereta tanpa kuda merupakan kelanjutan dari perkembangan pesat alat transportasi yang diawali dengan penemuan roda. Bila kereta kuda hanya satu kereta, kemudian dibuat rangkaian kereta, serta berjalan di jalur tertentu dari besi atau rel. Kereta ini disebut lori kuda yang awalnya digunakan di kawasan pertambangan. Untuk penumpang, digunakan istilah lebih keren, yakni trem.
Link Video : http://www.metrotvnews.com/read/newsprograms/2012/06/16/12945/252/Risalah-Siang-Kereta-Tanpa-Kuda